Sabtu, 22 Agustus 2009

KENALI DAN KUNJUNGI OBJEK WISATA DI PANDEGLANG

Horee…. Sebentar lagi, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H akan tiba. Hmmm… Asyiknya moment liburan seperti itu kita habiskan buat silaturrahmi dan berjalan -jalan ke objek wisata. Nach, kali ini, saya akan menjelaskan salah satu daerah yang menarik di Propinsi Banten yakni Kabupaten Pandeglang.

Yuuuk, kita kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang.
Mari kita telusuri bersama… :)

Mengenal Pandeglang

Kabupaten Pandeglang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Banten, Indonesia. Ibukotanya adalah Pandeglang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang di utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia di barat dan selatan. kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang, Wilayahnya juga mencakup Pulau Panaitan (di sebelah barat, dipisahkan dengan Selat Panaitan), serta sejumlah pulau-pulau kecil di Samudra Hindia, termasuk Pulau Deli dan Pulau Tinjil. Semenanjung Ujung Kulon merupakan ujung paling barat Pulau Jawa, dimana terdapat suaka margasatwa tempat perlindungan hewan badak bercula satu yang kini hampir punah.

Menurut sumber yang terpercaya, dengan kesadaran yang membaik, warga dari enam desa di wilayah Kabupaten Pandeglang, secara swadaya membangun jamban keluarga di belakang rumah karena Buang air besar (BAB) adalah salah satu kegiatan warga yang tinggal di sungai.
Kesadaran warga Pandeglang inilah yang akhirnya membuahkan hasil berupa penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Sejumlah 1719 jamban dibangun selama kurun waktu satu tahun. Piagam MURI diserahkan oleh Representatif MURI Nadri kepada Bupati Pandeglang A. Dimyati bertepatan hari jadi Kabupaten Pandeglang ke-133, Minggu, 1 April 2007.

Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang
Nach, jika kita telah kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang, penasaran kan objek wisata apa saja yang ada disana. Di Pandeglang, kita banyak menjumpai berbagai wisata alam yang ada seperti pantai, taman nasional, dan air terjun. Ada juga pulau yang dijadikan sebagai objek wisata layaknya Pulau Samosir di Sumatera Utara, yakni Pulau Umang. Saking banyaknya kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang, saya hanya menjelaskan 3 objek wisata saja yang termenarik menurut versi sendiri.
Karena saya sendiri telah kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang.
Hehehe.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon masuk wilayah administrasi Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Bila kita dari Kota Serang, ibu kota Provinsi Banten, hanya memakan waktu sekitar 2—3 jam perjalanan darat dengan menyusuri jalan antarprovinsi menuju ke arah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang (batas timur taman nasional).

Bila ditilik secara historis kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang, Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia. Taman ini merupakan cikal-bakal beberapa taman nasional di Indonesia, seperti Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara atau kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara.

Selain nilai historisnya, kawasan ini memiliki zona inti yang berfungsi sebagai cagar alam dan suaka margasatwa ini memiliki berbagai macam keistimewaan, di antaranya keanekaragaman jenis biota laut, darat, dan satwa langka. Satwa langka yang dimaksud di atas salah satunya adalah badak Jawa bercula satu [rhinoceros sondaicus] atau yang biasa
disebut bacusa. Hewan langka ini merupakan salah satu ciri khas Taman Nasional Ujung Kulon dengan tingkat populasi sekitar 50—60 ekor.

2. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Dari Jakarta, kita dapat mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, perjalanan dilanjutkan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan, dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung. Jakarta-Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Posisi pantainya yang kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang, tidak menghadap langsung ke samudera lepas membuat tiupan angin dan deburan ombak kawasan ini tidak terlalu besar, sehingga kita dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, berperahu, bermain jetski, dan snorkling. Bagi yang berhasrat menikmati kekayaan hayati dan pesona bawah lautnya, dapat menyewa peralatan menyelam. Dengan menyelam, wisatawan akan terpukau melihat terumbu karang yang cantik, ubur-ubur beraneka warna, siput-siput kecil dengan cangkang yang unik, dan ikan-ikan yang berenang berkejar-kejaran di garis pantai. Sedangkan bagi yang ingin mempelajari cara mentransplantasikan terumbu karang, dapat mengunjungi lokasi konservasi yang berada di tengah laut.

3. Air Terjun Curug Gendang

Air Terjun Curug Gendang terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Dari jalan raya Carita, Curug Gendang berjarak sekitar 2 kilometer, atau sekitar 3,5 kilometer dari Taman Wisata Alam Carita. Setelah sampai di area parkir atau pos jaga/pos retribusi, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Curug Gendang dengan berjalan kaki sekitar 1 km.

Obyek wisata ini merupakan perpaduan dari hutan yang lebat, jalan setapak yang berliku-liku, panorama alam yang indah, dan air terjun yang jernih. Di kawasan ini, terdapat berbagai flora langka, seperti jati, mahoni, bungur, dan lainnya. Berbagai fauna langka, antara lain babi hutan, kera ekor panjang, lutung, biawak, ular sanca, kalelawar, alap-alap, tupai, dan elang juga dapat dijumpai di sini. Rasa penat selama menempuh perjalanan akan terobati begitu sampai di air terjun setinggi 7 meter dengan kedalaman 13 meter dan luas 10 meter tersebut. Suara air terjunnya yang bagai suara tambur dan air kolamnya yang bening itu memikat kita untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Nach, cukup tiga objek wisata Pandeglang ini saja dulu. Karena menurut saya kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang ini merupakan 3 besar objek wisata yang paling menarik.

Ohya, jika ingin merasakan suasana yang beda dan melihat artikel lain yang lebih lengkap, saja di situs Cinta Pandeglang. Wassalam

7 komentar:

Poskan Komentar