Rabu, 27 Mei 2009

Programming vs Designing


What do you like…??


Di dunia IT, khususnya didalam kehidupan kampus ilmu Komputer,, seorang programmer identik dengan dengan seorang yang smart, pendiam, dan memilki penampilan yang kusut atau acak-acakan. Dia tidak begitu peduli dengan penampilan dirinya. Sebaliknya, seorang Designer IT, terkenal sangat sulit menghapal, apalagi menyangkut dengan rumus-rumus matematika. Dia seorang yang sangat social dan gampang berbaur denga banyak orang dan dia juga sangat memperhatikan penampilan dirinya sehingga dia selalu terlihat rapi.

Antara programming dan designing sebenarnya sangat saling membutuhkan. Hasil karya dari seorang programmer yang handal sekalipun akan tidak bernilai jika design programmnya tidak user friendly dan tidak menarik interfacenya, sebaliknya hasil karya seorang designer akan semakin hidup jika ditambahkan script-script pemrograman tertentu. Misalnya Action script pada karya Animasi Flash dan bahasa Phyton pada Animasi 3D.


luasLingkaran.cpp VS Cropping.psd


Tapi jika keduanya saling bermusuhan dan diadu, dapat kita illustrasikan sebagai berikut :


Programmer :
Programmer yang handal adalah programmer yang mengerti menyusun algoritma pemrograman dan hapal berbagai script pemrograman. Semakin banyak bahasa yang dikuasainya, semakin hebatlah dia dimata orang.


Dalam membuat Program luas lingkaran dari bahasa C, programmer yang handal akan dengan cepatnya mengetikkan script-script tersebut tanpa melihat buku tetapi sewaktu dia bermain denga photoshop, walaupun melihat buku sekalipun, hasil pewarnaan dan croppingnya jauh lebih buruk dan lebih lambat dari seorang designer handal.


Designer :
Designer yang handal adalah designer yang familiar dan mahir dalam berbagai aplikasi design grafis baik design web, design 2 dimensi atau 3 dimensi. Baik yang bergerak (animasi) maupun diam (statis). Dia juga memiliki selera yang tinggi dan khas dalam memilih pewarnaan, peletakan komposisi suatu komponen, dan kaya akan imajinasi.



Dalam pembuatan Program Luas Lingkaran dari bahasa C, ia sangat lambat dalam hal pengetikan script karena sebelumnya ia tidak familiar dan hapal dengan berbagai scrip yang dianggapnya sebagai “mantra”nya orang2 penyihir (programmer). Hasilnya, setelah decompile, walaupun lambat tapi hasil karyanya persis sama karena dia boleh melihat buku pemrograman.
Dan dalam pengerjaan design dengan Photoshop, Designer yang handal jauh mengungguli hasil karya designer tanpa melihat buku sekalipun baik dari segi kecepatan pengerjaan, dan kehalusan serta keakuratan dalam pemilihan warna, Cropping,dan lain sebagainya.

So, who is the best….??
zf_1221,zf-1221.blogspot.com,emoticon

1 komentar:

nurmanCKisser | new market affiliates mengatakan...

ibarat dua sisi mata uang ya bro !!!
thanks for share this post

30 Mei 2009 23.37

Posting Komentar

 
Master SEO Indonesia - Private SEO Medan, Jakarta, Bekasi, Padang, Aceh, Pekanbaru, Batam, Bandung, Tangerang, Surabaya, Yogyakarta, Bogor